5 Tips Tetap Sehat dan Bugar Saat Isolasi Mandiri

KOMPAS.com – Selama pandemi Covid-19, masyarakat dianjurkan untuk tetap berada di rumah dan hanya keluar untuk keperluan yang mendesak. Terutama bagi orang yang mengalami gejala Covid-19 atau dinyatakan positif terinfeksi dengan gejala ringan atau tanpa gejala, isolasi mandiri di rumah wajib dilakukan. Meski dilakukan sebagai upaya pemulihan, isolasi mandiri memiliki celah untuk menjauh dari aktivitas fisik yang sehat. Pasalnya, lingkungan rumah menawarkan banyak kesempatan untuk tidak bergerak, hanya duduk dan berbaring. Sementara itu, tubuh dan pikiran tetap membutuhkan aktivitas fisik agar tetap berfungsi dengan baik, menjaga berat badan, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Baca juga: Mengenal Oximeter,

Alat Kesehatan yang Penting untuk Isolasi Mandiri Fisik yang aktif pun dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, melindungi dari infeksi, dan mempercepat pemulihan. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Dilansir dari The University of Sidney, berikut adalah tips tetap sehat dan bugar selama isolasi mandiri.

1. Rutin olahraga Orang dewasa direkomendasikan untuk melakukan 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang atau 75 menit aktivitas fisik intensitas kuat per minggu. Aktivitas apapun lebih baik dibandingkan tidak bergerak sama sekali. Lebih banyak aktivitas, berarti lebih banyak manfaat kesehatan fisik dan mental yang didapat. Selama isolasi mandiri, cukup lakukan olahraga ringan di dalam rumah. Aktivitas seperti membersihkan rumah, membuat makanan, dan sebagainya juga dapat membantu tubuh untuk tetap bergerak.

2. Istirahat secara teratur Tips kedua untuk tetap sehat dan bugar selama isolasi mandiri adalah beristirahat secara teratur dari duduk terus-menerus di depan layar komputer setiap 20 hingga 30 menit. Misalnya, ambil jeda di sela-sela pekerjaanmu untuk berjalan-jalan di sekitar rumah, bermain dengan hewan peliharaan, atau menyiram tanaman.

3. Latihan kekuatan Sebuah penelitian di Inggris pada tahun 2017 lalu menemukan, latihan kekuatan yang dilakukan di rumah, seperti press up dan sit up, memberikan manfaat yang sama seperti latihan aerobik. Lakukan setidaknya beberapa sesi latihan berat bedan per minggu dengan setiap sesinya melibat dua hingga empat set delapan hingga 15 kali pengulangan. Pastikan untuk beristiriahat selama dua hingga tiga menit di antara set untuk menjaga keseimbangan energi.

4. Tetap terhubung dengan keluarga Meski tengah melakukan isolasi mandiri dan mungkin diharuskan berada di kamar yang terpisah dari anggota keluarga lain, perasaan tetap terhubung penting untuk dijaga. Dengan cara ini, seseorang tidak akan merasa sendiri dan kesepian saat menjalani isolasi mandiri.

5. Lakukan saja sesuatu! Tujuan isolasi mandiri adalah menjaga kesehatan dan mencegah penularan Covid-19, namun fungsi tubuh harus tetap aktif selama masa ini. Bergeraklah sesering mungkin, entah melakukan olahraga, mengerjakan pekerjaan rumah, atau menari dengan lagu kesukaan. Dengan tetap aktif bergerak, kesehatan dan kebugaran tubuh dapat terjaga selama isolasi mandiri.

sumber : kompas

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Open chat
Hello, selamat datang di My BMC..